ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EASY WADIAH DI ERA NEW NORMAL STUDI KASUS BSI KCP CILACAP GATOT SUBROTO

Lisa, Wulandari (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EASY WADIAH DI ERA NEW NORMAL STUDI KASUS BSI KCP CILACAP GATOT SUBROTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LISA WULANDARI_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EASY WADIAH DI ERA NEW NORMAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah atau Bank Islam sendiri merupakan lembaga intermediasi dan penyedia jasa keuangan yang bekerja berdasarkan etika dan sistem nilai Islam, khususnya yang bebas dari bunga ( riba), bebas dari kegiatan spekulatif yang non produktif seperti perjudian ( maysir), bebas dari hal-hal yang tidak jelas dan meragukan ( gharar), berprinsip keadilan, dan hanya membiayai kegiatan usaha yang halal.Sebagai lembaga keuangan, dana merupakan persoalan utama dalam dunia perbankan. Tanpa adanya dana, bank tidak akan beroperasi layaknya lembaga keuangan pada umumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan tentang strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah tabungan easy wadiah pada BSI KCP Cilacap Gatot Subroto. Sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa strategi pemasaran yang disusun oleh bank BSI KCP Cilacap Gatot Subroto dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan mengimplementasikan 7P (place, product, price, promotion, people, process, physical evidence). Namun, dalam penerapannya BSI KCP Cilacap Gatot Subroto belum maksimal, terutama pada bidang promosi yang belum memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memperkenalkan produknya. Sehingga dapat menngkatkan jumlah nasabah pada tabungan easy wadiah. Secara keseluruhan tidak begitu banyak strategi yang diganti pada saat new normal, hanya saja perlu adanya adaptasi baik pihak marketing maupun nasabah. Namun demikian jumlah nasabah tabungan easy wadiah terus meningkat. Hal ini menandakan bahwa Bank Syariah sudah bisa bersaing di Cilacap pada saat new normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix 7P (place, product, price, promotion, people, process, physical evidence), dan Tabungan Easy wadiah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Lisa Wulandari sdri
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:39
Last Modified: 25 Jun 2022 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item View Item