PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 10 KRENCENG, KEJOBONG, PURBALINGGA

ELI SUYANTI, NIM. 1123302044 (2015) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 10 KRENCENG, KEJOBONG, PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ELI SUYANTI_PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 10 KRENCENG, KEJOBONG, PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng Kejobong Purbalingga. Dalam penggunaan strategi pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu tugas dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng, Kejobong, Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh guru kelas, kepala sekolah dan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 10 Krenceng Kejobong Purbalingga. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs M’arif NU 10 Krenceng. Sedangkan dalam teknis analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dilakukan pada materi qiro’ah. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa di bagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri antara 4 sampai 5 orang, kemudian siswa di beri tugas untuk di diskusikan, setelah selesai berdiskusi masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Sedangkan dalam penilaian dilakukan secara kelompok dan individu, nilai kelompok di ambil dari hasil diskusi dan nilai individu di ambil dengan melihat keaktifan siswa dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Nov 2016 04:25
Last Modified: 03 Nov 2016 04:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item