ANALISIS LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA)

Indri, Ahni (2022) ANALISIS LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indri Ahni_Analisis Literasi dan Inklusi Keuangan dalam Meningkatkan Minat Menggunakan Produk Bank Syariah(Studi kasus pada masyarakat Desa Kejobong Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Literasi keuangan merupakan pemahaman individu sehingga mempermudah dalam pengambilan keputusan terhadap keuangannya dengan baik hingga mencapai kesejahteraan. Inklusi keuangan yaitu pemenuhan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat. Minat muncul karena pemahaman terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam bank syariah di Indonesia terdapat produk penghimpunan dan produk pembiayaan. Dalam penelitian ini, masalah umum yang ditemukan adalah bagaimana literasi dan inklusi keuangan dalam meningkatkan minat masyarakat Desa Kejobong untuk menggunakan produk bank syariah. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik membercheck dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, tingkat literasi dan inklusi masyarakat Desa Kejobong masih rendah. Pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah beserta akad-akadnya masih kurang. Masih banyak masyarakat yang belum akses pada bank ataupun koperasi syariah. Belum ada upaya yang dilakukan oleh perangkat Desa Kejobong untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Untuk upaya yang dilakuakan oleh bank syariah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan cukup giat dengan mendatangi langsung calon nasabah. Kata Kunci : Literasi, Inklusi Keuangan, Minat, Meningkatakan, Produk Bank Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Literasi, Inklusi Keuangan, Minat, Meningkatakan, Produk Bank Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Indri Ahni sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:31
Last Modified: 24 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item