ANALISIS EFEKTIVITAS PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH MELALUI STRATEGI JEMPUT ZAKAT (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyumas)

Salma Ainun, Nisa (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH MELALUI STRATEGI JEMPUT ZAKAT (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALMA AINUN NISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zakat, infak, dan sedekah merupakan salah satu ibadah sosial yang dilaksanakan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas merupakan salah satu badan amil zakat yang dituntut untuk mampu melaksanakan tugas dengan baik. Salah satu tugas dari BAZNAS adalah dalam bidang penghimpunan dana. Dalam menghimpun dana, BAZNAS Kabupaten Banyumas menempuh berbagai cara/strategi agar bisa mencapai target yang telah ditentukan, salah satunya yaitu dengan adanya strategi jemput zakat. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menelitinya yang mengacu pada pokok masalah sebagai berikut: Bagaimana Strategi Jemput Zakat yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Banyumas? Bagaimana efektivitas penghimpunan dana melalui strategi jemput zakat di BAZNAS Kabupaten Banyumas? Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di BAZNAS Kabupaten Banyumas dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa BAZNAS Kabupaten Banyumas menerapkan strategi jemput zakat untuk menghimpun dana ZIS. Strategi jemput zakat dilakukan dengan cara amil melakukan penjemputan ke muzakki jika ingin membayarkan dana ZIS. Penghimpunan dana melalui layanan jemput zakat cukup memberikan dampak positif terhadap penghimpunan dana. Namun, dampak positif dari strategi jemput zakat tersebut hanya sebagian kecil dari seluruh strategi yang ada. Sehingga, strategi jemput zakat belum dinilai efektif dibandingkan dengan strategi penghimpunan yang lain. Jadi, secara umum strategi jemput zakat pada BAZNAS Kabupaten Banyumas bisa dikatakan belum efektif dalam meningkatkan penghimpunan dana dan juga muzakki. Kata Kunci : efektivitas, penghimpunan, zakat, infak, sedekah, strategi jemput zakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, penghimpunan, zakat, infak, sedekah, strategi jemput zakat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Salma Ainun Nisa
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:32
Last Modified: 24 Jun 2022 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item