PENERAPAN STRATEGI CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS

Farkhan, Khabibi (2022) PENERAPAN STRATEGI CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FARKHAN KHABIBI_1522402099.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah strategi pembelajaran dimana guru menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas dengan tujuan agar siswa dapat melakukan sesuatu sekaligus menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian lapangan (filed research), karena penelitian langsung ditujukan kepada lembaga pendidikan yang bersangkutan. Penelitian lapangan adalah sebuah penelitian yang dilakukan di lapangan untuk meneliti sebuah fenomena yang ada di lapangan atau masyarakat dalam kesehariannya dan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan sekarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas yaitu: (1) dalam mengenalisis proses perencanaan yang pertama dilakukan ialah dengan pembuatan RPP oleh guru. (2) Mengenalisis proses pelaksanaan pembelajaran dengan cara mengenalisis bagaimana penerapan strategi CTL yang dilakukan oleh guru. (3) mengenalisi proses evaluasi dilakukan dengan mengacu pada RPP yang terdiri dari proses dan hasil. Evaluasi pada proses pembelajaran berupa keaktifan siswa dan perilaku siswa yang diamati oleh guru, dan evaluasi hasil berupa hasil dari tugas yang diberikan yaitu ulangan harian, UTS, dan UAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 303 Social processes
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farkhan Khabibi sdr
Date Deposited: 23 Jun 2022 21:22
Last Modified: 23 Jun 2022 21:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item