PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, SOSIAL, LOKASI, DAN AGAMA TERHADAP PREFERENSI PEDAGANG PASAR WAGE PURWOKERTO DALAM MEMILIH SUMBER PERMODALAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Naila, Muti Syarifa (2022) PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, SOSIAL, LOKASI, DAN AGAMA TERHADAP PREFERENSI PEDAGANG PASAR WAGE PURWOKERTO DALAM MEMILIH SUMBER PERMODALAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NAILA MUTI SYARIFA_PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, SOSIAL, LOKASI, DAN AGAMA TERHADAP PREFERENSI PEDAGANG PASAR WAGE PURWOKERTO DALAM MEMILIH SUMBER PERMODALAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Preferensi nasabah merupakan hal yang penting dalam pengambilan ‎keputusan karena berhubungan erat dengan keberhasilan perusahaan untuk ‎mencapai tujuannya. Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh nasabah ‎terhadap suatu lembaga keuangan biasanya dipengaruhi oleh faktor pelayanan, ‎sosial, lokasi, dan agama. Pelayanan adalah suatu aktivitas yang tidak kasat mata ‎atau tidak dapat diraba yang dimaksudkan untuk memberikan kepuasan. Sosial ‎yaitu adanya hubungan antara masyarakat yang menempatkan pihak-pihak ‎tertentu. Lokasi adalah tempat perusahaan beroperasi. Faktor agama, karena islam ‎adalah agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia termasuk aspek ‎ekonomi maka dalam penelitian ini faktor agama fokus pada aspek ekonomi islam ‎yang melarang adanya transkasi haram, riba, dan gharar.‎ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor ‎pelayanan, sosial, lokasi, dan agama terhadap preferensi pedagang dalam memilih ‎sumber permodalan di Lembaga Keuangan Syariah. Fokus peneliti dalam ‎penelitian ini kepada pedagang Pasar Wage Purwokerto yang menjadi nasabah di ‎Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ‎kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis ‎data menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data menggunakan regresi linier ‎berganda. Pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F.‎ Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan ‎terhadap preferensi pedagang dalam memilih sumber permodalan di Lembaga ‎Keuangan Syariah yaitu variabel pelayanan, lokasi, dan agama. Sedangkan, ‎variabel sosial tidak berpengaruh terhadap preferensi pedagang dalam memilih ‎sumber permodalan di Lembaga Keuangan Syariah. Namun, variabel pelayanan, ‎sosial, lokasi, dan agama bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap ‎preferensi pedagang dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan ‎Syariah. ‎ Kata Kunci: Pelayanan, Sosial, Lokasi, Agama, Preferensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Sosial, Lokasi, Agama, Preferensi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Naila Muti Syarifa sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 21:06
Last Modified: 23 Jun 2022 21:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item