Naila, Muti Syarifa (2022) PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, SOSIAL, LOKASI, DAN AGAMA TERHADAP PREFERENSI PEDAGANG PASAR WAGE PURWOKERTO DALAM MEMILIH SUMBER PERMODALAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
NAILA MUTI SYARIFA_PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, SOSIAL, LOKASI, DAN AGAMA TERHADAP PREFERENSI PEDAGANG PASAR WAGE PURWOKERTO DALAM MEMILIH SUMBER PERMODALAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Preferensi nasabah merupakan hal yang penting dalam pengambilan keputusan karena berhubungan erat dengan keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh nasabah terhadap suatu lembaga keuangan biasanya dipengaruhi oleh faktor pelayanan, sosial, lokasi, dan agama. Pelayanan adalah suatu aktivitas yang tidak kasat mata atau tidak dapat diraba yang dimaksudkan untuk memberikan kepuasan. Sosial yaitu adanya hubungan antara masyarakat yang menempatkan pihak-pihak tertentu. Lokasi adalah tempat perusahaan beroperasi. Faktor agama, karena islam adalah agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi maka dalam penelitian ini faktor agama fokus pada aspek ekonomi islam yang melarang adanya transkasi haram, riba, dan gharar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan, sosial, lokasi, dan agama terhadap preferensi pedagang dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Syariah. Fokus peneliti dalam penelitian ini kepada pedagang Pasar Wage Purwokerto yang menjadi nasabah di Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap preferensi pedagang dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Syariah yaitu variabel pelayanan, lokasi, dan agama. Sedangkan, variabel sosial tidak berpengaruh terhadap preferensi pedagang dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Syariah. Namun, variabel pelayanan, sosial, lokasi, dan agama bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap preferensi pedagang dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Syariah. Kata Kunci: Pelayanan, Sosial, Lokasi, Agama, Preferensi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Sosial, Lokasi, Agama, Preferensi |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Naila Muti Syarifa sdri |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 21:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 21:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14243 |
Actions (login required)
View Item |