IMPLEMENTASI STRATEGI AL-AL'AB AL-LUGHAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA TAHUN 2021/2022

Aulia, Khotijah (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI AL-AL'AB AL-LUGHAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA TAHUN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AULIA KHOTIJAH_IMPLEMENTASI STRATEGI AL-AL'AB AL-LUGHAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA TAHUN 20212022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab masih menjadi hal yang kurang diminati bagi peserta didik. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi strategi pembelajaran yang dipilih dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran mufrada>t. Yang merupakan salah satu unsur penting dan paling dasar dalam pembelajaran bahasa. Dalam hal ini, strategi pembelajaran yang variatif dapat membuat peserta didik merasa lebih tertarik dan lebih menikmati kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat dipilih adalah strategi al-al’a>b al-lughawiyah. Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang membahas mengenai implementasi strategi al-al’a>b al-lughawiyah dalam pembelajaran mufrada>t di SMP Muhammadiyah Sokaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunkan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi strategi al-al’a>b al-lughawiyah dalam pembelajaran mufrada>t di SMP Muhammadiyah Sokaraja tahun 2021/2022 dilaksanakan sesuai dengan persiapan dan rencana yang telah dibuat, yaitu pembelajaran mufrada>t dengan permainan bahasa yang tetap mengutamakan strategi dan metode pembelajaran bahasa pada umumnya. Hasil yang didapat Pada pelaksanaan penerapan strategi al-al’a>b al-lughawiyah dalam pembelajaran mufrada>t, peserta didik merasa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran dan merasa senang dengan kegiatan pembelajaran. Implementasi strategi al-al’a>b al-lughawiyah dalam pembelajaran mufrada>t berorientasi pada proses pembelajaran, dimana peserta didik lebih antusias mengikuti proses pembelajaran dan dapat menghilangkan rasa bosan serta jenuh selama proses pembelajaran. Penerapan strategi al-al’a>b al-lughawiyah (permainan bahasa) juga dapat membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Al-Al’ab Al-Lughowiyah, Pembelajaran Mufrada>t.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aulia Khotijah
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:44
Last Modified: 23 Jun 2022 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item