MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 DI MA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN DAN MA. PONDOK PESANTREN NAHDLOTUT TALAMIDZ JOMBOR TAMBAK BANYUMAS

SRI, BUDIMAN (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 DI MA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN DAN MA. PONDOK PESANTREN NAHDLOTUT TALAMIDZ JOMBOR TAMBAK BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mendorong terbentuknya sistem kehidupan baru yang dikenal dengan era new normal. Pembelajaran online pada era new normal membuat pendidikan karakter yang diterima oleh siswa sangat berkurang. Oleh karena itu perlu adanya manajemen pembentukan karakter di MA Ma’arif NU 1 Kemranjen dan MA. Pondok Pesantren Nahdlotut Talamidz Jombor Tambak Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan manajemen pendidikan karakter di MA Ma’arif NU 1 Kemranjen dan MA. Pondok Pesantren Nahdlotut Talamidz Jombor Tambak Banyumas pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Ma’arif NU 1 Kemranjen dan MA. Pondok Pesantren Nahdlotut Talamidz Jombor Tambak Banyumas selama 6 bulan mulai dari Desember 2021 hingga Mei 2022. Data yang diambil bersumber dari hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi mengenai manajemen pendidikan karakter siswa di MA Ma’arif NU 1 Kemranjen dan MA. Pondok Pesantren Nahdlotut Talamidz Jombor Tambak Banyumas. Proses analisis data kualitatif dilakukan melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan diperiksa menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil yaitu Manajemen Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di MA Ma’arif NU 1 Kemranjen dan MA. Pondok Pesantren Nahdlotut Talamidz Jombor Tambak Banyumas dilaksanakan melalui 4 tahap: 1. Perencanaan yang dilakukan yaitu kegiatan rapat yang dilaksanakan oleh yayasan, tenaga pendidik, dan juga orang tua; 2. Pengorganisasian yang dilakukan yaitu diadakannya pembagian tugas pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua siswa dalam membentuk karakter siswa dengan baik sesuai dengan visi misi madrasah; 3. Pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan menerapkan mata pelajaran yang mengandung nilai keislaman agar sesuai dengan ajaran agama islam, serta dilakukan kegiatan rutin dalam keseharian seperti sapa, senyum, salam, kegiatan bakti sosial, serta peningkatan keterampilan; 4. Pengawasan yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengawasan pada proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan pengawasan orang tua dapat dilihat dari adanya hasil belajar siswa dan juga buku komunikasi yang berisi tentang pelaksanaan kegiatan rutinan oleh siswa. Kata kunci: Manajemen, pandemi Covid-19, pembentukan karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, pandemi Covid-19, pembentukan karakter
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Budiman sdr
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:26
Last Modified: 23 Jun 2022 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item