INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF 07 KARANGMANGU DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NEGERI 1 CILACAP

Khoerul, Anam (2022) INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF 07 KARANGMANGU DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NEGERI 1 CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS PASCA PGMI_KHOERUL ANAM_201763009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kejenuhan dan kondisi tidak kondusif dalam pembelajaran seringkali dialami oleh gurudalam pembelajaran di kelas. Melihat hal tersebut guru dituntut untuk berinovasi dalam pembelajan. Inovasi ini bisa dilakukan baik pada metode, strategi/model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar, prosedur pembelajan maupun bisa dilakukan pada penilaian pembelajaran. Inovasi pembelajaran meruapakan salah satu solusi juga untuk meningkatkan minat, motivasi dan prestasi belajra siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaiamana inovasi pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 07 Karangamngu dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Cilacap. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data diperoleh melalui pengumpulan data reduksidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan,. Pemeriksaan keabsahan dara menggunakan tehnik trianggualasi sumber. Hasil penelitian bahwa inovasi guru dalam pembelajaran dilakukan dengan berbagai bentuk diantaranya dengan melakukan inovasi pada metode pembelajaran, media pembelajaran, model pembelajran, Inovasi yang dilakukan oleh guru kelas V baik di MI Ma’arif 07 Karangmangu maupun di MI Negeri 1 Cilacap pada pembelajaran yaitu memodifikasi penggunaan metode pembelajaran yang variatif yaitu metode ceramah plus, tanya jawab, diskusi, ceramah demonstrasi, simulasi, penugasan dan metode mengemukakan perasaan di depan kelas. Selain itu, guru juga menggunakan media yang beranekaragam yaitu power point, infocus, alat peraga dan memanfaatkan lingkungan sekitar. Dan terakhir guru juga terampil dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan memanfaatkan kemampuan mengolah bahan ajar dengan baik Kata kunci : Inovasi, guru, pembelajran IPS

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, guru, pembelajran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoerul Anam sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:50
Last Modified: 22 Jun 2022 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item