PENANAMAN NILAI-NILAI SPIRITUAL SANTRI TAHFIZUL QUR'AN DALAM KEGIATAN RIYADAH 41 HARI DI PONDOK PESANTREN SAFINATUL HIDAYAH PAGUYANGAN BREBES

Nidaul, fikroh (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI SPIRITUAL SANTRI TAHFIZUL QUR'AN DALAM KEGIATAN RIYADAH 41 HARI DI PONDOK PESANTREN SAFINATUL HIDAYAH PAGUYANGAN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PALING FIX NIDA-1.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan pendidik harus mampu dalam melatih peserta didik sehingga dalam aspek tindakan, sikap, pendekatan dan keputusan dalam pengetahuan dipengaruhi oleh nilai spiritual. Dalam penerapannya nilai spiritual tidak hanya diterapkan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam saja. Namun nilai spiritual ini dapat ditanamkan melalui berbagai kegiatan yang bersifat positif yang dapat dilakukan secara terus menerus dalam suatu lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Dengan hal ini, maka penanaman nilai spiritual dapat diterapkan oleh peserta didik yang harapannya mampu menjadi pedoman dalam menerapkan nilai-nilai kehidupan yang baik dan tidak terjerumus dalam syari’at yang tidak sesuai dengan norma Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana penanaman nilai-nilai spiritual santri dalam kegiatan riyaḍah 41 hari di Pondok Pesantren Safinatul Hidayah Paguyangan Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan penggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini penulis menemukan: 1) metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai spiritual santri dalam kegiatan riyaḍah 41 hari menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian/pengawasan dan hukuman, 2) tahapan dalam menanamkan nilai spiritual yaitu nilai religius, nilai estetika, nilai moral dan nilai kebenaran (empiris) dimulai dari pemberian pengetahuan (transformasi nilai), penyadaran (transaksi nilai), dan pengamalan (transinternalisasi nilai), 3) hasil dari penanaman nilai spiritual sudah menunjukan hasil yang bagus. Santri sudah membiasakan menerapkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari baik di pondok maupun di rumah. Kata Kunci : Penanaman Nilai, Nilai Spiritual, Riyaḍah 41 Hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Nilai Spiritual, Riyadah 41 hari
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nidaul Fikroh sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:16
Last Modified: 22 Jun 2022 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14118

Actions (login required)

View Item View Item