STRATEGI KOMUNIKASI AKUN “PONDOK ONLINE” DALAM ‎MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19‎

milfana, ihsandi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI AKUN “PONDOK ONLINE” DALAM ‎MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19‎. Skripsi thesis, UIN SAIZU Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MILFANA IHSANDI_STRATEGI KOMUNIKASI AKUN PONDOK ONLINE DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada awalnya covid-19 hanya berdampak pada bidang perekonomian, ‎akan tetapi akibat sosial distensing yang di terapkan pemerintah, membuat ‎kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan keagamaan khususnya bagi umat ‎muslim diindonesia yang mempunyai kegiatan keagamaan yang selalu dilakukan ‎pada waktu tertentu seperti kajian islam di masjid, pengajian rutin, kegiatan ‎pembelajaran agama islam dan beribadahan di masjid pun dibatasi serta pengajian ‎di pondok-pondok pesantren terhenti. Untuk itu penulis tertarik untuk menyelidiki ‎proses terjadinya komunikasi dalam berjalanya sistem dakwah pondok online, ‎maka penulis membuat penelitian dengan judul Strategi Komunikasi Akun Pondok ‎Online Dalam Mengelola Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19.‎ Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti fokus pada ‎Strategi Komunikasi Akun Pondok Online dalam mengelola media sosial saat ‎pandemi Covid-19, dalam penggalian data diperlukan observasi yang baik dengan ‎observasi dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan informasi berupa kata-kata ‎untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Akun Pondok Online dalam ‎mengelola media sosial saat pandemi Covid-19.‎ Berdasarkan hasil penelitian dari akun pondok online. Strategi komunikasi ‎yang dibuat oleh admin akun pondok online memiliki beberapa komponen metode ‎komunikasi, klasifikasi mad’u, dan mengavaluasi. Dalam melaksanakan ‎dakwahnya akun pondok online menganut pada metode pondok pesantren klasik, ‎dimana pengajaran materi dakwah berlandas pada kitab klasik pesantren yang ‎dibawakan melalui media sosial dengan kemasan privat melalui whatsapp yang ‎kemudian dikolaborasikan dengan youtube dan facebook juga sebagai ‎dokumentasi dari hasil privat tersebut. Sebagai pendorong kelancaran proses ‎komunikasi, admin akun pondok online memahami karakter mad’u terlebih dahulu ‎yang kemudian diklasifikasikan kedalam 3 kelas yakni pemula menengah dan ‎khusus, dimana masing-masing kelas memiliki tingkatan tersendiri dalam ‎pembelajarannya. Evaluasi yang dilakukan admin akun pondok online berlangsung ‎rutin satu minggu sekali, hal ini bertujuan agar perbaikan dari berbagai masalah ‎yang ada dapat segera terselesaikan dan tidak berpengaruh pada kegiatan ‎pengkomunikasian materi dakwah yang disampaikan admin pondok online.‎ ‎ ‎ Kata kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial, Akun Pondok Online, Covid-19‎

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Media Sosial, Akun Pondok Online, Covid-19‎
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Milfana ihsandi sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:53
Last Modified: 22 Jun 2022 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item