HUBUNGAN PENDIDIKAN IBADAH DALAM KELUARGA DAN KETELADANAN GURU DENGAN KESADARAN DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PESERTA DIDIK SMKN 1 PURWOKERTO

RIONO, RIONO (2022) HUBUNGAN PENDIDIKAN IBADAH DALAM KELUARGA DAN KETELADANAN GURU DENGAN KESADARAN DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PESERTA DIDIK SMKN 1 PURWOKERTO. Masters thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS_201766032_ RIONO_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesadaran dan kedisiplinan beribadah tidak bisa terbangun secara instan. Dibutuhkan proses panjang agar kesadaran dan kedisiplinan beribadah menjadi kebiasaan yang melekat kuat dalam diri seseorang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan pendidikan ibadah dalam keluarga dan keteladanan guru dengan kesadaran dan kedisiplinan beribadah peserta didik SMKN 1 Purwokerto. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis ada tidaknya hubungan positif yang signifikan pendidikan ibadah dalam keluarga dan keteladanan guru dengan kesadaran dan kedisiplinan beribadah peserta didik SMKN 1 Purwokerto. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 260 responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi berganda. Data diperoleh melaui angket atau kuisioner. Hasil penelitian dengan analisis korelasi sederhana adanya hubungan positif yang signifikan pendidikan ibadah dalam keluarga dan keteladanan guru dengan kesadaran dan kedisiplinan beribadah. Berdasarkan analisis regresi berganda secara simultan adanya hubungan positif yang signifikan antara X1 dan X2 dengan Y1 sebesar 18,1%; dan antara X1 dan Y1 dengan Y2 sebesar 29,6%. Adanya korelasi yang kuat antara kesadaran beribadah dengan kedisiplinan beribadah sebesar 79,8%. Oleh karena itu dapat disimpulkan pendidikan ibadah dalam keluarga dan keteladanan guru dengan kesadaran dan kedisiplinan peserta didik diterima dan teruji kebenaranya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Ibadah, Keteladanan, Kesadaran, Kedisiplinan
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riono Riono
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:36
Last Modified: 22 Jun 2022 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item