IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIK DI KELAS 3C MI MA’ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KABUPATEN BANYUMAS

Nendi, Setiawan (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIK DI KELAS 3C MI MA’ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nendi Setiawan_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIK DI KELAS 3C MI MA'ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran TIK merupakan upaya sekolah untuk mengikuti perkembangan zaman, dimana perkembangan teknologi akan semakin pesat dan pendidikan juga harus ikut berkembang menyesuaikan perkembangan zaman, maka kepala sekolah beserta tenaga pendidik lainnya berinisiatif untuk melakukan pembelajaran TIK. Selain tuntutan zaman pembelajaran TIK di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kabupaten Banyumas juga untuk memberikan bekal bagi siswanya agar mereka tidak kesulitan dengan pembelajaran TIK di sekolah lanjutan. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi pembelajaran TIK di kelas 3C MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dalam menganalisis menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran TIK di kelas 3C MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kabupaten Banyumas memiliki tiga tahapan dalam pembelajaran ialah langkah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta tindak lanjut. Implementasi pembelajaran TIK di kelas 3C MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kabupaten Banyumas masih banyak kekurangan. Pertama dalam segi nama mata pelajaran masih menggunakan nama mata pelajaran TIK yang seharusnya sudah diganti menjadi Informatika. Kedua kurikulum yang digunakan masih menggunakan KTSP yang seharusnya sudah K13 serta RPP yang digunakan tidak sejalan dengan kurikulum yang digunakan. Ketiga, cakupan materi yang diajarkan masih banyak kekurangan yang dimana materi yang diajarkan masih memuat materi lama yang belum ada perubahan dan masih seputar TIK yang seharusnya materi TIK di kelas 3 MI atau SD yang diajarkan harus memuat Sains, teknologi, enjiniring dan matematika, yang dimana kompetensi informatika harus memuat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), BK (Berfikir Komputasional), TK (Teknik Komputer), JKI (Jaringan Komputer Internet), AD (Analisis Data), AP (Algoritme dan Pemrograman), DS (Dampak Sosial Informatika), PLB (Praktik Lintas Bidang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi TIK, TIK dalam Pembelajaran
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NENDI SETIAWAN sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:35
Last Modified: 22 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item