PEMIKIRAN DANIEL GOLEMAN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL

RizkiAzis Abdullah, NIM : 102311011 (2016) PEMIKIRAN DANIEL GOLEMAN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIZKI AZIS ABDULLAH_PEMIKIRAN DANIEL GOLEMAN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Emosional yang dimunculkan dalam suatu tindakan sangat mempengaruhi kehidupan manusia ketika dalam mengambil suatu keputusan. Hal ini tentu tidak jarang suatu keputusan yang diambil hanya dari sudut emosional tanpa ada kolaborasi dengan akal rasional yang pada akhirnyamenghasilkan keputusan yang terkesan kurang bijak.Oleh karena itu, dalam hal ini penulis mencoba melihat sisi terdalam dari konsep kecerdasan emosional yang ditawarkan oleh Daniel Goleman, sehingga setelah memahami konsep yang ditawarkan oleh Daniel Goleman pembaca akan dapat mengelola perasaan yang dimiliki sehingga dapat mengekspresikan secara tepat dan efektif dalam kehidupannya. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalahBagaimana struktur konseptual dari kecerdasan emosional yang diperkenalkan oleh Daniel Goleman? Bagaimana kritik konseptual dari kecerdasan emosional yang digagas oleh Daniel Goleman? Penelitianinitermasukpadabibliotika research ataulibarary research.Data diperolehdaritulisan-tulisan yang mengungkapkanmengenaikonsep yang digagasoleh Daniel Golemantentangkecerdasanemosional.Kemudian data dianalisisdenganmenggunakanpendekatancontent analysis. Penelitianinimenunjukkanbahwapadadasarnyakonsepkecerdasanemosionalsudahadasebelum Daniel Golemanmempublikasikankonsepkecerdasanemosionalnya.Daniel Golemanmemberikandefinisibahwakecerdasan kmosional merupakan kemampuan untuk mengenali perasaan diri sendiri maupun orang lain, kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, serta kemampuan mengelola emosi baik pada diri sendiri maupun dalam hubungan dengan orang lain. KonsepGolemanmemilikititikfokuspadapenerapankecerdasanemosional yang dapatdifungsikandalamkehidupan, sepertilingkupkeluarga, kesehatan, pendidikan, sertakarier.Selainitu, konsepGolemaninitidakterlepasdarikritik yang menyertainya, kritikpertamafokuspadaanggapan yang berlebihan berlebihan bahwa nilai-nilai di sekolah tidak berpengaruh pada kesuksesan hidup seseorang di kemudian hari, sehingga upaya untuk meningkatkan kemampuan skolastik anak diabaikan.Kritikkedua, tidakadanya model pengukurankecerdasanemosionaloleh Daniel Goleman. Kata kunci : Daniel Goleman, kecerdasanemosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:01
Last Modified: 09 Jun 2016 06:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item