IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 BANYUMAS

Siti, Magfiroh (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Revisi Pasca Sidang Siti Magfiroh 7 juni 2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan salah satu metode pembelajaran yang diluncurkn oleh Kemendikbud melalui program kurikulum 2013 atau yang biasa dikenal sebagai K13. Pendekatan ini memiliki karakteristik utama yaitu menempatkan siswa sebagai kontributor utama dalam pembelajaran. Mereka dituntut agar aktif selama pembelajaran berlangsung serta berpartisipasi dalam pembelajaran secara komprehensif. Ada lima aspek utama yang menjadi langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik. Lima langkah tersebut yaitu: mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba (experimenting), menalar (associating) dan mengkomunikasikan (networking). Hal yang tak kalah pentingnya dalam pendekatan ini yaitu coraknya sebagai metode berpikir secara ilmiah, kritis, mendalam dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. MAN 1 Banyumas merupakan salah satu sekolah berbasis agama yang menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada dasarnya pembelajaran bahasa memiliki pola pengajaran dan metode pembelajaran tersendiri. Implementasi pendekatan saintifik secara konseptual melanggar pedoman dan terkesan dipaksakan. Melalui serangkaian kajian, peneliti ingin melakukan serangkaian identifikasi dan penelitian untuk mengungkap bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang diambil yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menerapkan analisis deskriptif atas data yang telah diperoleh. Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Banyumas telah sesuai dengan konsep yang diusung oleh Kemendikbud melalui K13. Adapun penyesuaian yang ada hanya bersifat teknis dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jalannya pembelajaran. Pada dasarnya guru bahasa Arab dan Waka Kurikulum mnenyadari bahwa pendekatan ini memerlukan pengkajian lebih mendalam dalam implementasinya—khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Meskipun begitu, secara sederhana dapat disimpulkn bahwa pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab diterapkan secara bersyarat (dengan ketentuan penyesuaian agar pendekatan tersebut dapat diterapkan dengan baik). Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Arab, MAN 1 Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Arab, MAN 1 Banyumas.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Maghfiroh sdri
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:30
Last Modified: 21 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14026

Actions (login required)

View Item View Item