IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

IMAM, SUGIARTO (2022) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IMAM SUGIARTO_IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik memiliki peran atau fungsi sebagai pengelola proses pendidikan, dengan kata lain seorang guru harus selalu mengembangkan kreativitasnya agar kegiatan pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan aktif, inovatif dan menyenangkan. Kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran IPA umumnya masih menggunakan metode ceramah sehingga guru cenderung mendominasi pembelajaran, selain itu keterbatasan media, semakin semakin mempersulit mereka dalam pembelajaran sehingga peserta didik kurang bisa memahami pelajaran yang di sampaikan guru, hal ini mengakibatkan peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi media audio visual pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Muhammadiyah 2 Slinga. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, yang didalamnya merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung pada objeknya, terutama penelitian dalam mengumpulkan data dan berbagai informasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan studi lapangan di MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menyatakan bahwaa MI Muhammadiyah 2 Slinga sudah menerapkan media audio visual dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan diterapkannya media audio visual tersebut, membuat hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi lebih baik dibandingkan sebelum diterapkan media audio visual tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dikatan berhasil yang dapat dilihat dari semangat belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Sugiarto sdr
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:45
Last Modified: 18 Jun 2022 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item