INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SMP MARIA IMMACULATA CILACAP

Ade Eka, Pradana (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SMP MARIA IMMACULATA CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ade Eka Pradana_INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SMP MARIA IMMACULATA CILACAP-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai-nilai toleransi beragama pada negara yang memiliki agama yang beragam sangat diperlukan, di mana nilai toleransi akan menjadi pengikat atau pengerat dalam keberagaman untuk bisa saling berdampingan. Indonesia dengan banyaknya suku, budaya, ras, etnis, kelompok, dan agama perlu adanya internalisasi nilai-nilai toleransi pada masyarakatnya, hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi konflik antar suku, agama, ras, kelompok, ras dan budaya di Indonesia khususnya beragama. Internalisasi nilai-nilai toleransi beragama bisa dilaksanakan di keluarga, lingkungan masyarakat dan sekolah. Sekolah menjadi tempat internalisasi nilai toleransi beragama yang baik bagi peserta didik. SMP Maria Immaculata Cilacap merupakan sekolah yang memiliki peserta didik dari latar belakang agama yang beragam yang menerapkan internalisasi nilai-nilai toleransi beragama pada peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan komunikasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan. Kemudian dilakukan uji keabsahan data menggunakan model triangulasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai-nilai toleransi beragama dalam pendidikan Islam di SMP Maria Immaculata Cilacap. Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa nilai-nilai toleransi beragama diterapkan melalui kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan dengan meliputi nilai menghargai, menghormati, tolong menolong, kerjasama, persamaan, kebebasam, keadilan, dan tanggung jawab. Metode yang diterapkan dalam menginternalisasi nilai toleransi yaitu dengan metode nasehat, keteladanan, dan pembiasaan. Bentuk-bentuk toleransi beragama yang diinternalisasikan yaitu dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Kata Kunci: Beragama, Internalisasi, SMP Maria Immaculata Cilacap, Toleransi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Beragama, Internalisasi, SMP Maria Immaculata Cilacap, Toleransi.
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Eka Pradana sdr
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:09
Last Modified: 16 Jun 2022 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item