Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga

Muslihun, Muslihun (2022) Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, UIN saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
Muslihun_Implementasi .pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang tidak terlepaskan dalam proses pembelajaran yaitu Penilaian. Penilaian sebagai faktor terpenting pada pelaksanaan pembelajaran. Terkait penilaian dalam Kurikulum 2013, secara tidak langsung mensyaratkan adanya penerapan model penilaian autentik (autentic assesment) pada proses pembelajaran. Tesis ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan penilaian autentik pada mata pelajaran matematika yang dilakukan oleh guru kelas di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga dalam melakukan evaluasi hasil belajar siswa, sehingga dapat mengetahui ketercapaian kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis terkait pengimplementasian penilaian autentik pada mata pelajaran matematika di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data dilapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, serta menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran matematika di MI Muhammadiyah Nangkod Kejobong Purbalingga sangat bermanfaat digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi siswa. Penggunaan penilaian autentik membuat guru lebih mudah dalam mengelola nilai hasil evaluasi belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, langkah-langkah yang digunakan dalam penilaian autentik diantaranya adalah penentuan tujuan penilaian, pemilihan alat assesment, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, menyusun pedoman penskoran, melakukan penilaian, serta mengolah dan menyajikan penilaian autentik. Secara umum, penerapan penilaian autentik dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci : Penilaian Autentik, Evaluasi Pembelajaran, dan Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Evaluasi Pembelajaran, dan Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muslihun Muslihun sdr
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:05
Last Modified: 15 Jun 2022 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item