JUAL BELI BAJU BEKAS SECARA ONLINE PRESPEKTIF FIQIH MUAMALAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA)

Sinta, Okviani (2022) JUAL BELI BAJU BEKAS SECARA ONLINE PRESPEKTIF FIQIH MUAMALAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SINTA OKVIANI_JUAL BELI BAJU BEKAS SECARA ONLINE PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jual beli baju bekas dengan model B2C (Business to Consumer) merupakan transsaksi jual beli yang dilakukan secara online untuk mengurangi rantai distribusi sehingga harga barang dapat diperoleh dengan murah oleh pembeli . Tren jual beli baju bekas banyak dilakukan di Desa Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga untuk memenuhi gaya hidup dan mengikuti Trand Fhashion Low Bugjed. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jual beli baju bekas B2C (Business to Consumer) menurut imma syafi,i. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan normatif dan sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Subjek penelitin ini adalah 15 pengguna aktif lazada, Bukalapak, Shopee, Marketplace(Facebook) dan Shoping (Instagram) di kecamatan Kejobong Kabupaten Purblingga , semmentra objek dalam peneliatian ini adalah juak beli baju bekas secara online prespektif fiqih muamalah . Teknik pengumpulan data enggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang melatar belakangi jual beli baju bekas secara online prespektif fiqih muamalah di desa timbang adalah tingkat konsumtif masyarakat terhadap baju bekas yang masih tinggi, pendapatan masyarakat yang pas-pasan, dan trend atau gaya hidup. Jual Beli Baju Bekas Secara online Prespektif Fiqih Muamalah adalah boleh asalkan memenuhi syarat dan rukun, yaitu adanya akad dan ijab qabul; adanya pihak yang berakad; dan adanya objek akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Baju bekas Business to Consumer, fiqih muamalah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sinta Okviani
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:14
Last Modified: 13 Jun 2022 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item