PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Ulfiatun, Nikmah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi_Ulfiatun Nikmah 1817407039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi covid 19 sehingga berkurangnya waktu pembelajaran tatap muka dan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan model pembelajaran flipped classroom menggunakan metode mind mapping. Model pembelajaran flipped classroom merupakan model pembelajaran dimana siswa mendapatkan materi terlebih dahulu sebelum pembelajaran berlangsung dan dikombinasikan dengan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped Classroom menggunakan metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode eksperimen dengan desain pre-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A dan VII C yang berjumlah 52 siswa. Analisis data menggunakan uji t dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom menggunakan metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja. Dari hasil N-gain menunjukan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,5862 yang dapat diklasifikasikan masuk kategori sedang, dan pada kelas kontrol mendapar skor rata-rata N-Gain sebesar 0,264 yang diklasifikasikan masuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, mind mapping, pemahaman konsep, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ULFIATUN NIKMAH
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:27
Last Modified: 13 Jun 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item