PENGARUH METODE PERMAINAN TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 04 PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

Ummu, Lutfia Turohmah (2022) PENGARUH METODE PERMAINAN TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 04 PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
UMMU LUTFIA TUROHMAH_PENGARUH METODE PERMAINAN TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 04 PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep diri adalah salah satu aspek perkembangan psikososial peserta didik yang harusidipahami oleh seorang guru. Konsep diri merupakanisalah satu variabel yang menentukaniproses pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu solusi yang dianggap mampu memperbaiki konsep diri siswa dalam belajar matematika adalah dengan menggunakan metode permainan. Metode permainan memfasilitasi siswa praktik dan berpikir, pengalaman,imemunculkan kemampuan siswa, memecahkan masalah, kerjasama, kepercayaan diri dan perkembangan kognitif siswa. Dapat dikatakan metode permainan ini cocok untuk memunculkan persepsi dan sikap positif terhadap diri siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan terhadap konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi ekperimental design) dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini tediri dari 2 variabel yaitu variabel bebasnya adalah metode permainan dan variabel terikatnya adalah konsep diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampelnya adalah kelas VIIA & VIIB MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Independent sample t-test dan N-Gain score. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat dari uji Independent sample t-test yang memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000<0.05 maka H_0 ditolak, jadi kesimpulannya terdapat perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemudian untuk melihat peningkatan konsep diri siswa sebelum dan setelah pemberian perlakuan, maka dilakukan uji N-Gain Score. Pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 0.5094 yang tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 0.2585 yang tergolong dalam kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode permainan terhadap konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Kata Kunci : Metode Permainan, Konsep Diri Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan, Konsep Diri Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ummu Lutfia Turohmah
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:46
Last Modified: 13 Jun 2022 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item