PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

istiqomah, isti (2022) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ISTIQOMAH_PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Disposisi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Pola pikir siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang rumit menyebabkan siswa sulit untuk berpikir dan bertindak positif sehingga dapat memicu rendahnya kemampuan disposisi matematis siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap disposisi matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Rakit Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muham madiyah Rakit Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu dua kelas dimana kelas VII A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunaka N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap disposisi matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Rakit Kabupaten Banjarnegara. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji N-Gain dimana terdapat perbedaan rata-rata N-Gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,5276 lebih tinggi dari N-Gain score pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,1469.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Hypnoteaching, Disposisi Matematis, Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Istiqomah Istiqomah
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:55
Last Modified: 07 Jun 2022 06:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item