METODE PENDIDIKAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Muhammad, Fadhlulloh Mubarok (2022) METODE PENDIDIKAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fadhlulloh Mubarok_Metode Pendidikan Tahfidzul Qur'an di Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era modern sekarang pondok pesantren tampil sebagai tempat bagi orang yang ingin menghafal Al-Qur’an. Bagi para penghafal Al-Qur’an di nusantara tentu sudah tidak asing dengan Mushaf pojok menara Kudus yang merupakan reproduksi dari mushaf Turki kepunyaan KH. M. Arwani Amin yang diperoleh ketika beliau ibadah haji tahun 1970. Al-Qur’an pojok ini memiliki 15 baris, dalam 1 juz memiliki 20 halaman atau 10 lembar. Maka dari itu para santri pasti memiliki target tertentu untuk bisa menghafal Al-Qur’an 30 juz, apakah bisa 2 sampai 3 tahun menyelesaikannya. Karena tentu memiliki tantangan tersendiri bagi santri di Al-Ikhsan Beji, bukan hanya menghafal tetapi berangkat madrasah dan mengaji kitab lainnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji terkait metode pendidikan Tahfidzul Qur’an memiliki beberapa metode yang saling berkaitan dalam setiap pendidikannya. Tujuannya guna membentuk penghafal Al-Qur’an yang berkualitas, berakhlakul karimah, dan berguna bagi masyarakat sekitar. Pelaksanaan pendidikan Tahfidzul Qur’an berjalan dengan baik serta terstruktur dan menggunakan beberapa metode, yaitu metode talaqqi, metode bin nadzor, metode wahdah, metode takrir, metode tasmi’, dan metode tartil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Al-Ikhsan, Metode Pendidikan, Tahfidzul Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fadhlulloh Mubarok
Date Deposited: 04 Jun 2022 05:25
Last Modified: 04 Jun 2022 05:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item View Item