IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Rintati, Megawati (2022) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RINTATI MEGAWATI_IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh terhadap minat baca siswa sehingga harus ada program sebagai upaya yang dilakukan sekolah untuk mengoptimalkan kemampuan literasi anak. Program gerakan literasi sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah diharapkan dapat menumbuhkan minat baca siswa. MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah menerapkan gerakan literasi sekolah sebagai upaya menumbuhkan minat baca siswa melalui 3 tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi gerakan literasi sekolah sebagai upaya menumbuhkan minat baca siswa di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah sebagai upaya menumbuhkan minat baca siswa di MI Istiqomah Sambas Purbalingga terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Tahap pembiasaan melalui kegiatan rutin membaca al-qur’an dan shalat dhuha berjamaah. Kegiatan pengembangan melalui kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai dan tahap pembelajaran dengan memanfaatkan pojok baca, perpustakaan dan kegiatan Sabtu Ceria. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah sebagai upaya menumbuhkan minat baca siswa di MI Istiqomah Sambas Purbalingga sudah berjalan secara optimal. Hal ini dibuktikan dengan adanya minat baca siswa yang tinggi dalam membaca Al-Qur’an, buku pelajaran ataupun non pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, minat baca
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rintati Megawati sdri
Date Deposited: 23 May 2022 08:00
Last Modified: 23 May 2022 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item