PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

Eko, Hari Purnomo (2022) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EKO HARI PURNOMO_Penanaman Nilai Karakter Religius Dan Peduli Sosial Dalam Pembelajaran IPS Di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Derasnya arus modernisasi yang mengglobal tidak bisa dibendung. Keadaan ini menyebabkan terjadinya krisis karakter pada peserta didik. Kurang taat terhadap ajaran agama (religiusitas) dan sikap tidak peduli terhadap sesama merupakan permasalahan yang timbul pada peserta didik. Peran pendidikan karakter dalam kehidupan sangatlah penting. Nilai karakter religius dan peduli sosial perlu ditanamkan agar peserta didik tidak mudah terprovokasi pengaruh buruk. Tata krama, etika, kreatifitas anak mengalami kemrosotan akibat melemahnya pendidikan kebudayaan dan karakter bangsa.Kemrosotan akhlak pada peserta didik disebabkan karena kurang tertanamnya pendidikan agama yang kuat. Melalui pembelajaran IPS dapat dimasukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengan mengintegrasikan materi dalam pembelajaran IPS tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penanaman nilai karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran IPS di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan pendekatan deskriptif analisis. Teknik analisis data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan-temuan dalam penelitian: 1).Perencanaan pembelajaran IPS dilakukan para guru dengan menyusun RPP secara sistematik sesuai dengan panduan penyusunan RPP yang ditentukan oleh peraturan pemerintah dan kurikulum ciri khusus SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. 2).Pelaksanaan pembelajaran IPS dilaksanakan dengan menyisipkan nilai karakter religius dan peduli sosial kepada peserta didik. 3).Evaluasi pembelajaran IPS dilaksanakan dengan cara melaksanakan kegiatan ulangan harian menilai aspek kognitif dan sikap. Nilai karakter religius dan peduli sosial yang tertanamkan dalam pembelajaran IPS SD Muhammadiyah 1 Purbalingga adalah mengucap salam dan menjawabnya, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran menunaikan sholat dhuha dan dhuhur, bertutur kata yang santun, mendoakan orang sakit, menyumbang pada orang yang terkena musibah, memberikan sedekah kepada peminta-minta, menggiatkan infak jumat. Kata kunci : Penanaman, Nilai Karakter Religius dan Peduli Sosial, Pembelajaran IPS. IMPLEMENTATION OF RELIGIOUS CHARACTER VALUE AND SOCIAL CARE IN IPS LEARNING IN MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA Elementary School By Eko Hari Purnomo NIM.201763004 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program ABSTRACT The swift current of globalizing modernization cannot be stopped. This situation causes a character crisis in students. Lack of obedience to religious teachings (religiosity) and an attitude of not caring for others are problems that arise in students. The role of character education in life is very important. The values of religious character and social care need to be instilled so that students are not easily provoked by bad influences. Social studies education is a subject that examines social life. Through social studies learning, character education values can be incorporated by integrating the material in the social studies learning. The purpose of this study was to describe and analyze the process of inculcating religious character values and social care in social studies learning at SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. The research method uses a qualitative field research and a descriptive analysis approach. Data analysis techniques are observation, interviews, and documentation. The findings in the study: 1). Social studies learning planning was carried out by the teachers by systematically compiling RPP in accordance with the guidelines for preparing RPP determined by government regulations and the special characteristic curriculum of SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. 2). The implementation of social studies learning is carried out by inserting the values of religious character and social care to students. 3) Evaluation of social studies learning is carried out by carrying out daily test activities to assess cognitive and attitude aspects. The values of religious character and social care that are embedded in social studies learning at SD Muhammadiyah 1 Purbalingga are greeting and answering, praying before and after learning to pray dhuha and dhuhur prayers, speaking politely, praying for the sick, donating to people affected by disaster, giving alms. to beggars, activate Friday infaq. Keywords: Planting, Values of Religious Character and Social Care, Social Studies Learnin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penanaman, Nilai Karakter Religius dan Peduli Sosial, Pembelajaran IPS.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eko Hari Purnomo sdr
Date Deposited: 23 May 2022 07:58
Last Modified: 23 May 2022 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item