IMPLEMENTASI KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI TPQ MIFTAHUL HUDA GUMELEM WETAN SUSUKAN BANJARNEGARA

Arif, Hidayat (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI TPQ MIFTAHUL HUDA GUMELEM WETAN SUSUKAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arif Hidayat_Implementasi Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur'an Di TPQ Miftahul Huda Gumelem Wetan Susukan Banjarnegara.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Gumelem Wetan Susukan Banjarnegara”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum taman pendidikan al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi kurikulum taman pendidikan al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya metode wawancara. Metode ini digunakan untuk memperoleh data keteranan-keterangan yang dibutuhkan penulis sebagai data pelengkap yang berkaitan dengan materi penyajian, seperti data gambaran umum di TPQ Miftahul Huda dan program-program yang ada di TPQ tersebut. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan TPQ Miftahul Huda dan catatan lapangan tentang implementasi kurikulum taman pendidikan al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum taman pendidikan al-Qur’an di TPQ Miftahul huda dibuat berdasarkan beberapa kategori materi pembelajaran, yaitu materi pembelajaran tentang Al-Qur’an dan pengamalan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Materi pokok yang diajarkan di TPQ Miftahul Huda antara lain, tajwid, akidah akhlak, fikih, tarikh, hafalan surat-surat pendek dan pilihan, do’a-do’a yaumiyah serta materi pembelajaran penunjang lainnya yaitu seni hadroh. Dalam prosesnya, pembelajaran dilaksanakan setiap hari sabtu sampai dengan hari kamis dan libur pada hari jumat. Metode ceramah dan metode sorogan adalah metode yang sering digunakan. Dalam menggunakan metode sorogan ditekankan kepada santri supaya bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan pantauan secara khusus dari ustadz/ustadzah secara langsung. Kata Kunci : Implementasi Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur'an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.389 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Hidayat
Date Deposited: 18 May 2022 07:45
Last Modified: 18 May 2022 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item