PENGELOLAAN DANA INFAQ DAN SEDEKAH DALAM PROGRAM RUJI (RUMAH JIMPITAN) DI NU CENTER KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Nurul, Aini Zubaidah (2022) PENGELOLAAN DANA INFAQ DAN SEDEKAH DALAM PROGRAM RUJI (RUMAH JIMPITAN) DI NU CENTER KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ACC_Nurul Aini Zubaidah_1717204035_MAZAWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan infaq dan Sedekah harus dilakukan secara profesional agar memperoleh benefit yang banyak baik bagi penerimanya maupun pada syiar dan berbagai aspek lainnya. Untuk itu dibutuhkan sosok personal atau lembaga yang mampu mengelolanya sehingga dengan kekhususan yang dimiliki oleh pihak pengelola sebagai nazir atau amil akan menjadi lebih istimewa pengelolaan infaq dan sedekah tersebut. Salah satu upaya pemberdayaan hasil sedekah yang terkumpul melalui langkah-langkah manajemen yang baik mencakup perencanaan, pengorganisasian memiliki posisi strategis dalam mengoptimalkan pengumpulan dan pemanfaatan infaq dan sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana infaq sedekah di NU Center dan untuk mengetahui manfaat yang didapat dengan adanya program rumah jimpitan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang dilakukan di NU Center Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan atau verifikasi. Dalam uji keabsahan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu tringulasi, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan didukung oleh data-data lapangan serta informasi dari pihak terkait, pengelolaan di NU Center Kecamatan Sumbang, sudah baik. Untuk pengumpulan dana sudah baik akan tetapi dalam metode pengumpulannya masih kurang baik karena hanya menggunakan dua metode yaitu jemput bola dan setor langsung. Pendistribusian dan pendayagunaan dana infaq dan sedekah sudah sesuai dengan tujuan yang telah dibuat. Sasaran penthasarufan dana tersebut adalah warga kecamatan sumbang dan sekitarnya yang benar benar meraka membutuhkan bantuan, baik dalam ekonomi, sosial atauapun pendidikan. Sedangkan Yang menjadi donatur tetap dalam program rumah jimpitan adalah warga NU di Kecamatan Sumbang baik itu ibu-ibu ataupun bapak-bapak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Infaq dan Sedekah, NU Center
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nurul aini zubaidah sdr
Date Deposited: 12 May 2022 07:32
Last Modified: 12 May 2022 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item