Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Smart Hafiz Terhadap Kecerdasan Spiritual di Desa Menganti Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen

Imas, Safitri (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Smart Hafiz Terhadap Kecerdasan Spiritual di Desa Menganti Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IMAS SAFITRI_1717402228_Pengaruh Media Pembelajaran Video Smart Hafiz Terhadap K.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan dari berbagai sumber secara terencana sehingga menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efektif. Dengan demikian media dijadikan bahan sebagai media atau perantara untuk menyampaikan pesan kepada penerimanya yang biasanya digunakan dalam Pendidikan seperti guru dengan siswanya dan lainya. Dalam penelitian ini menggunakan media video smart hafiz yang dimana banyak video-video yang mampu menarik perhatian anak dan mudah menyampaikan isi yang didalamnya, seperti video mengaji, dai-daiyah, dan masih banyak lainya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dsitribusi frekuensi kategori media pembelajaran video smart hafiz dan kecerdasan spiritual di desa Menganti Kec. Sruweng Kab. Kebumen? Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran video smart hafiz terhadap kecerdasan spiritual di Desa Menganti Kec. Sruweng Kab. Kebumen? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Sebagian ibu-ibu desa menganti dengan jumlah 37 dan 19 diambil dari lain desa. Pengumpulan data diperoleh dari pengisian angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan uji validitas instrument, uji realibilitas instrument, uji pra syarat, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menujukan bahwa media pembelajaran video smart hafiz berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 32,14 dengan jumlah responden 56 orang. Dari pengujian analisis regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran video smart hafiz terhadap kecerdasan spiritual dengan koefisien determinasi atau R Squer sebesar 0,296, sehingga besar pengaruhnya adalah 29,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Smart Hafiz, Kecerdasan Spiritual
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imas Safitri sdri
Date Deposited: 28 Feb 2022 14:24
Last Modified: 28 Feb 2022 14:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13393

Actions (login required)

View Item View Item