STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS CV. DB. GROUP PURWOKERTO)

ALFA, RIZKA NURLAILA (2022) STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS CV. DB. GROUP PURWOKERTO). Masters thesis, UIN PROF. K.H.SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Alfa Rizka Nurlaila_Strategi Diversifikasi Produk dan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus CV.DB.Group Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) merupakan pandemi yang terjadi secara global yang telah mengguncang stabilitas ekonomi pada berbagai Negara termasuk Indonesia. Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 juga dirasakan sektor UMKM di daerah Kabupaten Banyumas. Salah satu cara beradaptasi terhadap kondisi pandemi Covid-19 ialah mengadopsi teknologi. Pandemi Covid-19 menuntut pelaku usaha untuk mempercepat adopsinya kepada digitalisasi. Strategi diversifikasi produk merupakan salah satu strategi yang penting di dalam meningkatkan volume penjualan. strategi diversifikasi adalah suatu upaya mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru, atau keduanya, dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas, dan fleksibilitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun pendekatan dalam penelitian ini ialah fenomenologi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Data diambil dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut pertama diversifikasi produk yang dilakukan oleh CV. DB Group Purwokerto melakukan upaya untuk lebih menekankan pada variasi jenis produk yang dijual, pengembangan usaha dengan memanfaatkan media digital, media social, dan market place dimana itu merupakan bentuk yang paling efisien untuk tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. Sebelum menerapkan strategi diversifikasi produk pendapatan CV. DB. Group selama pandemi hanya 6.000.000-7.000.000/bulan/toko, namun setelah menggunakan strategi diversifikasi produk pendapatan CV. DB. Group hampir mencapai normal yaitu berkisar 15.000.000-20.000.000/bulan/toko. Kedua CV. DB Group Purwokerto dalam menerapakan strategi penjualan mulai dari personal selling, pendekatan kepada konsumen, layanan delivery order, pemasaran digital yaitu pemanfaatan iklan melalui media social, layanan toko online pada berbagai market place, pelayanan prima dan menyediakan layanan purna jual. Kata kunci : Strategi, Diversifikasi Produk, Penjualan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Diversifikasi Produk, Penjualan
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Alfa Rizka Nurlaela
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:20
Last Modified: 24 Feb 2022 08:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item