PERAN ORANG TUA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI DI DESA KINCANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Ulfah, Zahro (2022) PERAN ORANG TUA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI DI DESA KINCANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK-DAFTAR ISI-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA_ULFAH ZAHRO.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_bab 1-5_daftar pustaka_ulfah zahro.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring di Desa Kincang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara, serta untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali lebih dalam melalui orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dalam pembelajaran pada masa pandemi di Desa Kincang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara yaitu orang tua melaksanakan dua peran, pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; yang harus menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar anak;; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi di Desa Kincang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara dipengaruhi oleh 1). latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak; 2). tingkat ekonomi orang tua dalam hal memfasilitasi pembelajaran di rumah ; 3). Kemampuan membagi waktu antara anak dan pekerjaan ; dan 4). jumlah anggota keluarga memberikan bimbingan kepada anak di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua: pembelajaran di rumah: masa pandemi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfah zahro sdri
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:20
Last Modified: 25 Feb 2022 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item