STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA BERBASIS EKONOMI ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas)

HASNA, NUR AENI (2022) STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA BERBASIS EKONOMI ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hasna Nur Aeni - STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA BERBASIS EKONOMI ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://uinsaizu.ac.id/

Abstract

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan juga berdampak pada perekonomian. Dampak pandemi Covid-19 juga dirasakan oleh warga Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan rumah tangga dan faktor apa saja sebagai penghambat dan pendukung strategi pengelolaan keuangan rumah tangga di Kelurahan Purwanegara di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan di Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Penulis menggunakan teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode membercheck dan triangulasi. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan keluarga yang dilihat dari pengelolaan keuangan keluarga, tabungan, investasi dan zakat pada warga Kelurahan Purwanegara menunjukkan bahwa strategi pengelolaan keuangan keluarga belum dilakukan. Untuk faktor pendukungnya yaitu umur, tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Keuangan, Rumah Tangga, Ekonomi Islam dan Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Keuangan, Rumah Tangga, Ekonomi Islam dan Pandemi Covid-19
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hasna Nur Aeni sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:49
Last Modified: 24 Feb 2022 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item