PENGARUH DISPOSABLE INCOME DAN RELIGIUSITAS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANYUMAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH

Diah, Purbo Astuti (2022) PENGARUH DISPOSABLE INCOME DAN RELIGIUSITAS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANYUMAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAH PURBO ASTUTI_PENGARUH DISPOSABLE INCOME DAN RELIGIUSITAS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANYUMAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendapatan disposable adalah pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan. Religiusitas memiliki arti penghayatan kereligiusitasan dan kedalaman kepercayaan yang terwujud dengan kegiatan ibadah sehari-hari. Minat merupakan keinginan yang datang dari diri sendiri tanpa ada paksaan dari pihak lain dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagimana pengaruh dari pendapatan disposable dan juga religiusitas para santri pondok pesantren Darussalam Banyumas terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, objek penelitiannya adalah santri pondok pesantren Darussalam Banyumas sebanyak 82 responden. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda, uji T, uji F, koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari kedua variabel yang terdiri dari Disposable Income (X1) dan Religiusitas (X2) berpengaruh secara signifikan santri terhadap minat menabung di bank syariah. Hasil ini juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel Disposable Income tidak berpengaruh secara signifikan santri terhadap minat menabung, sedangkan Religiusitas (X2) berpengaruh secara signifikan santri terhadap minat menabung. Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,302 hal ini menunjukkan bahwa minat menabung dipengaruhi oleh variabel disposable income dan religiusitas sebesar 30,2%, sedangkan 69,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Diharapkan pada penelitian yang akan datang jumlah sampel yang digunakan bisa lebih banyak. Dengan adanya sampel yang lebih banyak, maka hasil analisis dari penelitian yang didapatkan akan lebih akurat dan terpercaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disposable Income, Religiusitas, Minat, Darussalam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.8 Bunga (termasuk diskonto dan Riba)
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Diah Purbo Astuti sdri
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:54
Last Modified: 23 Feb 2022 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item