PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MA PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS

Wihda, Mafazah (2022) PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MA PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wihda Mafazah_Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XI MA Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MA PPPI Miftahussalam Banyumas serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MA Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi guru Bahasa Arab kelas XI dan siswa kelas XI. Hasil penelitian yaitu: 1) Pada pendekatan kecerdasan emosional, guru merencanakan terlebih dahulu karakter apa saja yang diharapkan. Dengan begitu maka pendekatan kecerdasan emosional akan lebih terlaksana secara tepat dan terorganisir. Dalam tahap pelaksanaan guru melakukan suatu pendekatan kecerdasan emosional misalnya dengan meminta siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri. Maka hal tersebut menumbuhkan sikap integritas, Guru melakukan evaluasi baik yang berkaitan dengan ranah kognitif seperti soal latihan dan ulangan harian maupun evaluasi sikap yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional. 2) Faktor pendukung dalam pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MA PPPI Miftahussalam Banyumas yang paling terlihat adalah lingkungan. Sedangkan faktor penghambat adalah latar belakang yang membentuk sifat bawaan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wihda Mafazah sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:31
Last Modified: 22 Feb 2022 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item