PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA KULON KAB. BANYUMAS

Agustina, Laelatul Fitriani (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA KULON KAB. BANYUMAS. Masters thesis, UIN PROF KH SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AGUSTINA LAELATUL FITRIANI_PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA KULON KAB. BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berbagai perilaku yang dilakukan oleh anak-anak SD N 1 Sokaraja Kulonkhususnya adalah perilaku tidak jujur, suka berbohong, kurangnya kedisiplinan, karena siswa belum memperoleh informasi tentang penerapan , belum terdapat pengajaran khusus yang mengenalkan nilai yang diyakini untuk melawan tindakankorupsi serta kompetisi yang kurang sehat antar siswa, juga munculnya kepentinganpribadi yang bertentangan kepentingan orang lain.Sehingga peneliti merumuskan rumusan maslah dengan bagaimana pembentukan karakter melalui pembelajaran tematik kelas IV di SDN Sokaraja Kulon Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter,internalisaasi pembentukan karakter melalui pembelajaran tematik di kelas IV SDN Sokaraja Kulon.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sokaraja Kulon pada bulan Mei-Agustus 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Hubermanyaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan karakter siswa melalui,pembelajaran tematik kelas IV adalah dengan dilaksanakannya pembelajaran tematik yang dengan merancangkan pada rencana dan pelaksanaan pembelajaran.Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan tidak dibuat sendiri,namun sudah menunjukkan pengintegrasian pendidikan karakter. Dalam pelaksanaannya guru mengintegrasikan dengan melalui kegiatan pembelajaran danmetode pembelajaran, kegiatan spontanitas, menanamkan kedisiplinan, serta jugadengan menciptakan suasana kondusif. Didalam pembelajaran tematik guru mengembangkan dan menanamkan sembilan nilai-nilai karakter yang dikembangkan Kemendiknas. Yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan siswa tentang pentingnya integrasi pembentukan karakter siswa di sekolah dasar melalui pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind
100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 121 Epistemology (Theory of knowledge)
100 Philosophy and psychology > 160 Logic
100 Philosophy and psychology > 160 Logic > 161 Induction
800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Agustina Laelatul F
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:52
Last Modified: 22 Feb 2022 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item