PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI MTs MA’ARIF NU 01 KERTANEGARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

YAN EKAWATI, NIM. 092334059 (2013) PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI MTs MA’ARIF NU 01 KERTANEGARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
YAN EKAWATI_PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI MTs MA’ARIF NU 01 KERTANEGARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Masa anak di MTs, merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Pada fase ini anak mengalami perubahan dalam sistem kerja hormon dalam tubuhnya dan hal ini memberi dampak pada bentuk fisik dan perkembangan psikisnya. Hal ini bukan karena tidak disadari esensinya, melainkan pendidikan lebih mengutamakan mengejar ilmu pengetahuan dari pada mendidik dan membina akhlak mulia anak didik sehingga berimplikasi terhadap dehumanisasi dan tidak berakhlak. Akibatnya bentuk penyimpangan terhadap nilai tersebut mudah ditemukan di lapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai peristiwa yang terjadi, yang menunjukkan penyimpangan terhadap nilai yang terdapat di dalamnya. Minimnya pengetahuan remaja terhadap pemahaman agama, akan semakin memperparah kondisi emosional remaja berupa dekadensi akhlak. Oleh karena itu, untuk memurnikan kembali kondisi yang sudah tidak relevan dengan ajaran Islam, satu-satunya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan kembali kepada ajaran yang terdapat di dalamnya sebagaimana yang dilakukan oleh MTs Ma‟arif NU 01 Kertanegara. Lokasi penelitian yang penulis lakukan adalah di MTs Ma‟arif NU 01 Kertanegara Purbalingga yang merupakan salah satu madrasah yang bernaung pada Lembaga Ma‟arif yang berada tidak jauh dari kecamatan Kertanegara. Pembinaan akhlak dilakukan dengan cara memberi contoh, melakukan bimbingan, dan lain-lain agar siswa mempunyai akhlak yang baik. Untuk itu permasalah yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pembinaan Akhlak Anak di MTs Ma‟arif NU 01 Kertanegara Purbalingga Tahun Ajaran 2012/2013?” Jadi tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui pembinaan akhlak anak di MTs Ma‟arif NU 01 Kertanegara. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian lapangan (field research). Dan metode yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dalam bentuk deskriptif analisis non statistik. Variabel dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan metode yang digunakan dalam pembinaan. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa pembinaan akhlak anak di MTs Ma‟arif Nu 01 Kertanegara dilakukan dengan metode Metode Uswah (teladan), Metode Ta‟widiyah (pembiasaan), Metode Mau‟izhah (nasehat), Metode Qishshah (ceritera), Metode Amtsal (perumpamaan), dan metode metode Tsawab (ganjaran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, akhlak, Anak di MTs Ma‟arif NU 01 Kertanegara
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:33
Last Modified: 03 Oct 2016 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item