MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI PAUD TERPADU NIRWANA KAMPUNG BOCAH BANJARNEGARA

Muftia, Khairunisa (2022) MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI PAUD TERPADU NIRWANA KAMPUNG BOCAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUFTIA KHAIRUNISA_MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI PAUD TERPADU NIRWANA KAMPUNG BOCAH BANJARNEGARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masa usia dini dianggap penting karena pada usia tersebut anak berada pada masa keemasan (golden age) dan masa kesensitifan (sensitive periode) dalam menerima segala rangsangan disekitarnya. Menjadi kewajiban bagi pendidik selaku penyelenggara, pemberi layanan pendidikan sekaligus pembelajaran bagi anak usia dini untuk dapat memilih dan menyiapkan model pembelajaran yang dapat merangsang, menumbuhkan dan mengembangkan segala potensi anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran sentra mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian yang diterapkan oleh lembaga PAUD Terpadu Nirwana Kampung Bocah Banjarnegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi serta dokumentasi, dengan sumber datanya guru dan kepala PAUD. Adapun uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles and Huberman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga PAUD Terpadu Nirwana Kampung Bocah adalah dengan merencanakan kegiatan pengembangan kualitas bagi guru, merencanakan kegiatan parenting untuk orang tua peserta didik, merencanakan pengelolaan kelas yang mencakup penataan ruang serta pengelolaan peserta didik, serta merencanakan program kegiatan pembelajaran berupa program tahunan (PROTA), program semester (PROMES), perencanaan program mingguan (RPPM), serta program perencanaan harian (RPPH) yang keseluruhannya disusun dalam rapat kerja guru setahun sebelum masa tahun ajaran baru dimulai. 2) Pelaksanaan pembelajaran berpusat pada anak sesuai dengan prinsip pembelajaran sentra serta dilakukan tanpa 3 M yakni tanpa Melarang, Memerintah dan Marah, menggunakan 4 pijakan main yang keseluruhannya tertuang dalam 7 kegiatan sentra yaitu sentra bahan alam, sentra balok, sentra persiapan, sentra seni, sentra iman dan taqwa, sentra main peran makro dan sentra main peran mikro. 3) Penilaian dilakukan mulai dari anak tiba di sekolah hingga mereka pulang, dengan menggunakan teknik penilaian observasi, portofolio, catatan anekdot, dan penugasan. Adapun 4 fokus penilaian yang menjadi pedoman adalah multiple intellegences, 7 essential life skills, curricular domain serta 18 sikap. Penilaian dilakukan secara bertahap meliputi penilaian harian, mingguan, bulanan yang kemudian akan dilaporkan dalam bentuk laporan hasil belajar dalam kurun waktu 4 bulan sekali (catur wulan). Kata Kunci: Pembelajaran PAUD, Model Pembelajaran PAUD, Pembelajaran Sentra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAUD, Model Pembelajaran PAUD, Pembelajaran Sentra
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MUFTIA KHAIRUNISA
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:09
Last Modified: 22 Feb 2022 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item View Item