KONTRIBUSI USAHA PEMBIBITAN TANAMAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus : Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas)

Siti, Shofiatus Sholihah (2022) KONTRIBUSI USAHA PEMBIBITAN TANAMAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus : Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SITI SHOFIATUS SHOLIHAH_KONTRIBUSI USAHA PEMBIBITAN TANAMAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berbagai jenis usaha di sektor pertanian semakin beragam, salah satu jenis usahatani di sektor pertanian yang menjadi sumber pendapatan masyarakat desa adalah usaha pembibitan tanaman. Pembibitan tanaman merupakan usaha pada sektor pertanian yang bergerak di bidang produksi sampai dengan pemasaran bibit tanaman. Adapun salah satu daerah yang menggantungkan usaha pembibitan tanaman sebagai penggerak ekonomi masyarakat yaitu Desa Dawuhan Wetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi usaha pembibitan tanaman terhadap pendapatan rumah tangga di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Selain itu, penelitian ini mengkaji faktor pendorong dan faktor penghambat dalam usaha pembibitan tanaman di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Populasi penelitian adalah semua petani yang menjalankan usaha pembibitan tanaman. Sampel diambil sebanyak 23 petani pembibitan tanaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kontribusi usaha pembibitan tanaman terhadap pendapatan rumah tangga adalah sebesar 58,9%. Hal ini menunjukan bahwa usaha pembibitan tanaman yang dijalankan oleh petani memiliki kontribusi cukup besar terhadap pendapatan rumah tangga. Pendapatan dari usaha pembibitan tanaman mampu mencukupi kebutuhan rumah tangga petani seperti untuk biaya sekolah, biaya makan sehari-hari, dan biaya keperluan lainnya. Faktor pendukung usaha pembibitan tanaman di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas adalah sumber daya alam yang melimpah, tenaga kerja mudah diperoleh, dan lingkungan sosial yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat usaha pembibitan tanaman di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas adalah modal terbatas yang dimiliki petani, pandemi covid-19, dan musim kemarau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Pembibitan Tanaman, Pendapatan Rumah Tangga, Faktor pendorong dan penghambat usaha pembibitan tanaman.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Siti Shofiatus Sholihah
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:00
Last Modified: 22 Feb 2022 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item