ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Indah, Maqshuroh (2022) ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indah Maqshuroh_ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan mengenai keuangan dalam lingkungan perguruan tinggi khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Saifuddin Zuhri memang sudah tercakup dalam materi perkuliahan, tetapi mengenai keuangan syariah sebagian besar terbatas pada teorinya saja, sedangkan untuk praktik masih belum menjadi prioritas utama, oleh karena itu mahasiswa FEBI harus lebih dahulu mempunyai literasi keuangan syariah yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adapun jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer yakni dengan membagikan kuesioner dan wawancara kepada mahasiswa FEBI serta data sekunder yang diperoleh yakni dari dokumen/sumber data lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Adapun model penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode deskriptif kualitatif yakni dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari 96 informan/mahasiswa, skor ideal yang diharapkan yakni 2400 poin dalam 20 sub pertanyaan. Adapun perolehan skor pada pengetahuan dasar keuangan syariah sebesar 1883 poin atau 78,45%, pengetahuan mengenai akad-akad dalam keuangan syariah diperoleh dengan skor sebesar 2040 poin atau 85%, pengetahuan mengenai asuransi syariah diperoleh dengan skor 1667 poin atau 69,45% dan pengetahuan mengenai investasi syariah diperoleh dengan skor 2021 poin atau sebesar 84,20%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh aspek-aspek literasi keuangan syariah antara lain meliputi pengetahuan umum mengenai keuangan syariah, akad-akad pada lembaga keuangan syariah, asuransi syariah dan investasi syariah mengindikasikan bahwa literasi keuangan syariah mahasiswa FEBI UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Tahun Ajaran 2021/2022 masuk pada kategori sedang, dengan total hasil persentase 79,27%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Keuangan Syariah.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Indah Maqshuroh
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:14
Last Modified: 22 Feb 2022 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item View Item