IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS WHATSAPP GRUP DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SEMAMPIR KECAMATAN. BANJARNEGARA KABUPATEN. BANJARNEGARA

Septiana, Dias Saputra (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS WHATSAPP GRUP DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SEMAMPIR KECAMATAN. BANJARNEGARA KABUPATEN. BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Septiana Dias.Saputra (1717405077).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis whatsapp grup merupakan media pembelajaran yang dilakukan saat adanya pandemi covid-19. Pembelajaran ini berlangsung dengan menggunakan suatu jaringan dimana pendidik dan peserta didik bisa bertatap muka secara langsung di media sosial supaya pendidik dan peserta didik bisa berinteraksi melalui pesan serta informasi terkait pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait dengan implementasi pembelajaran berbasis whatsapp grup di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Semampir Banjarnegara terkait dengan faktor pendukung, penghambat, manfaat, hasil dari pembelajarannya yaitu menggunakan whatsapp grup karena banyak orang tua peserta didik yang menggunakan aplikasi whatsapp. Penelitian ini dilakukan dengan riset lapangan yakni dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Yaitu dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Milles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan implementasi pembelajaran berbasis whatsapp grup di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika ini yaitu untuk proses pembelajarannya dengan menggunakan media whatsapp grup yang berisi pengiriman video pembelajaran, voice not, atau video call di whatsapp terkait materi pecahan dan penaksiran hasil operasi hitung, tetapi dalam pembelajaran matematika ada faktor penghambat dalam melakukan voice not, video call atau yang lain. Faktor penghambatnya tidak adanya signal, memori handphone penuh, paket data dan peserta didik bisa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran matematika. Kata Kunci: Whatsapp Grup, Pandemi Covid-19, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Whatsapp Grup, Pandemi Covid-19, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Septiana Dias Saputra sdr
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:51
Last Modified: 21 Feb 2022 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item