PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III B DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGDADAP KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

Eka, Linda Sari (2022) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III B DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGDADAP KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eka-Linda-Sari_1717405051_SkripsiFullTnpLampiran_.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran sangatlah penting dalam berlangsungnya proses belajar mengajar. Guru dituntut dapat memilih metode yang sesuai untuk diterapkan dalam kegiatan belajar. Melalui metode pemberian tugas peserta didik dapat melaksanakan kegiatan belajar melalui tugas yang diberikan dan mempertanggungjawabkan tugasnya. Dalam pembelajaran tematik metode pemberian tugas dapat membantu guru untuk menyampaikan materi melalui latihan-latihan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran tematik kelas III B di SD Negeri Karangdadap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas III B, peserta didik kelas III B dan kepala SD Negeri Karangdadap. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran tematik di kelas III B di Sekolah Dasar Negeri Karangdadap melalui tiga fase dan dalam pelaksanaan pembelajarannya melalui tiga tahap pembelajaran yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun tiga tahap dalam penerapan metode pemberian tugas yaitu yang pertama fase pemberian tugas yang meliputi kegiatan pemberian tugas yang dilakukan setelah penyampaian materi pembelajaran tematik dilaksanakan. Yang kedua fase pelaksanaan tugas dimana peserta didik melaksanakan tugas yang dilimpahkan. Yang ketiga fase pertangungjawaban tugas dimana peserta didik melaksanakan pelaporan hasil tugasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pemberian tugas, pembelajaran tematik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Eka Linda Sari
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:38
Last Modified: 21 Feb 2022 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item