MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI TPQ MATHLA'UL ANWAR SOKANEGARA KEJOBONG PURBALINGGA

Ida Yeni, Kurniwati (2022) MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI TPQ MATHLA'UL ANWAR SOKANEGARA KEJOBONG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ida Yeni Kurniawati_ Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Santri di Taman Pendidikan Al-Qur'an Mathla'ul Anwar Sokanegara Kejobong Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Tantangan terbesar saat ini adalah bagaimana cara kita menghadapi pengaruh globalisasi. Salah satunya yaitu membentengi diri kita dengan menjaga nilai-nilai karakter yang ada pada diri. Pendidikan karakter tidak hanya didapat melalui lembaga pendidikan formal, tetapi juga lembaga pendidikan non formal, sebut saja Taman Pendidikan Al-Qur’an. Selain diajarkan bagaimana cara baca Al-Qur’an, di TPQ juga diajarkan adab, dan bagaimana berhubungan dengan orang lain, yang secara tidak langsung hal tersebut merupakan cerminan dari pendidikan karakter. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sebuah lembaga TPQ wajib memiliki manajemen atau pengelolaan yang baik. Oleh karenanya, penulis merasa tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana manajemen lembaga pendidikan dalam membentuk karakter anak. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu manajemen lembaga pendidikan dalam membentu karakter. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, dilakukan melalui beberapa langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen atau pengelolaan lembaga pendidikan dalam membentuk karakter santri di TPQ Mathla’ul Anwar Sokanegara meliputi : (1) perencanaan, meliputi kegiatan penentuan tujuan, pembagian kelas, dan menentukan program kegiatan (2) pengorganisasian, meliputi pembagian tugas pembentukan struktur kepengurusan anggota (3) pelaksanaan, merupakan pelaksanaan kegiatan yang sudah dirancang sebelumnya dan (4) pengawasan, dimana kegiatan pengamatan dimana santri menjadi objek daripada pengamatan tersebut. Hasil dari penerapan manajemen tersebut berdampak pada karakter santri. Walaupun belum seluruh santri menerapkan hal tersebut. Hal tersebut berpengaruh terhadap karakter santri dikarenakan dalam pengelolaan yang dilakukan, pengelola TPQ mengadakan kegiatan yang di dalamnya diselipkan pendidikan karakter, yang secara tidak langsung mempengaruhi karakter santri. Kata kunci : Manajemen Lembaga Pendidikan, TPQ, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Lembaga Pendidikan, TPQ, Pendidikan Karakter.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ida Yeni Kurniawati sdri
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:34
Last Modified: 19 Feb 2022 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12927

Actions (login required)

View Item View Item