Manajemen Strategi Pengembangna Objek Wisata Mangku dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi pada Desa Rancamaya Cilongok Banyumas)

Tuhfatul, Khasanah (2022) Manajemen Strategi Pengembangna Objek Wisata Mangku dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi pada Desa Rancamaya Cilongok Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-TUHFATUL KHASANAH-1717201175.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kesulitan ekonomi yang diakibatkan oleh berbagai faktor, dan pembangunan ekonomi yang timpang, dipandang dapat diatasi dengan industri pariwisata, karena industri pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja baru yang dapat memberikan banyak peluang ekonomi bagi masyarakat. Mengingat sebagian besar masyarakat bermata pencaharian sebagai petani, buruh tani dan penderes, Desa Rancamaya melalui BUMDES merancang sebuah progam untuk pengembangan desa dengan menggali potensi sosial yakni mendirikan Objek Wisata Mangku. Wisata Mangku merupakan wisata alam dan wisata edukasi bernuansa pedesanaan dengan pemandangannya alam yang masih asri. Dengan harapan adanya Wisata Mangku dapat memperbaiki dan meningkatkan taraf Desa Rancamaya menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui strategi pengembangan yang dilakukan pengelola Wisata Mangku. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan mendatangi langsung Objek Wisata Mangku, kemudian wawancara dengan pihak yang bersangkutan yakni Kepala BUMDES Rancamaya, pemerintah Desa Rancamaya, pengelola Wisata Mangku, pedagang maupun pengunjung Wisata Mangku, kemudian dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan Objek Wisata Mangku meliputi beberapa aspek, yaitu pengembangan atraksi, pengembangan fasilitas penunjang, pengembangan aksesibilitas dan pengembangan layanan tambahan. Sedangkan Penerapan manajemen strategi yang dilakukan oleh pengelola Objek Wisata Mangku melalui 4 tahapan sesuai dengan teori J. David Hunger and Thomas Wheelen, yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, kemudian evaluasi dan pengendalian. Hal tersebut berdampak dan berperan baik bagi pengembangan Objek Wisata Mangku baik secara sosial maupun ekonomi, terutama dalam pendapatan masyarakat dan Desa Rancamaya. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengembangan Objek Wisata, Pendapatan Asli Desa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengembangan Objek Wisata, Pendapatan Asli Desa
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Tuhfatul Khasanah
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:52
Last Modified: 18 Feb 2022 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item View Item