Wacana Komunikasi Persuasif Gus Miftah Dalam Channel Youtube Najwa Shihab (Studi Analisis Wacana Kritis Teun A. van Djik)

Hidayah, Vicky (2022) Wacana Komunikasi Persuasif Gus Miftah Dalam Channel Youtube Najwa Shihab (Studi Analisis Wacana Kritis Teun A. van Djik). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vicky Hidayah_Wacana Komunikasi Persuasif Gus Miftah Dalam Channel Youtube Najwa Shihab (Studi Analisis Wacana Kritis Teun A. van Djik).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peraturan pemerintah tentang penanganan pandemi Covid-19, mengundang banyak perhatian masyarakat. Salah satunya terkait penutupan tempat peribadatan, termasuk Masjid. Hal itu memicu Mata Najwa sebuah program acara televisi, menampilkan episode Mata Najwa yang unggah kembali di channel youtube Najwa Shihab berjudul Belajar dari Pandemi Part 3, yang membahas isu-isu tersebut dengan mengundang narasumber yaitu Gus Miftah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana komunikasi persuasif Gus Miftah yang terdapat dalam video Belajar dari Pandemi Part 3. Jenis penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan analisis wacana milik Teun A. van Djik, dan pendekatan paradigma kritis. Dengan hasil penelitian: ada 5 wacana komunikasi persuasif yang dibangun oleh Gus Miftah: kurangnya kesadaran masyarakat dalam menangani pandemi, penanganan pandemi menurut ajaran agama, penanganan penyebaran berita bohong (fake news), kewajiban mentaati peraturan pemerintah, komitmen pemerintah dalam menjalankan amanah. Ia menggunakan 3 alat komunikasi persuasif milik DeVito: memperkuat argumentasi dan bukti, daya tarik kredibilitas (dapat dipercaya), daya tarik psikologis. Ia juga menggunakan teknik komunikasi persuasif: putting it up to you, simulate disinterest, answering a question with question, planting, appeals to humor, effect of repitition, teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik tataan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Youtube, Komunikasi Peruasif, Gus Miftah, Mata Najwa, Belajar Dari Pandemi.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
400 Language > 401 Philosophy and theory
800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vicky Hidayah sdr
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:20
Last Modified: 18 Feb 2022 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12832

Actions (login required)

View Item View Item