Hari Aji Susilo, 092331032 (2014) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM DARUL FALAH KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
Hari Aji Susilo_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang menarik untuk diteliti berkaitan dengan kompetensi profesional, yaitu pada umumya di sekolah dasar terdapat satu atau dua guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tetapi lain halnya yang terdapat di SD Islam Darul Falah Tambak yaitu di setiap kelas terdapat satu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah tujuh guru, dengan adanya satu guru disetiap kelas, maka seharusnya seorang guru lebih maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai kompetensi profesional yang dimilikinya, tentunya dalam hal ini selaras dengan Permendiknas RI No.16 tahun 2007 tentang kompetensi profesional. Kompetensi adalah seperangkat kemampuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi profesional adalah kemampuan pengusaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kompetensi profesional guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Darul Falah Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014?” Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan metode penelitiankualitatif,subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah. Objek penelitian ini adalah kompetensi profesional. Lokasi penelitian di SD Islam Darul Falah kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Metode analisis yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif induktif. dan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data kemudian barulah dapat ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Darul Falah Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014 adalahguru berkompeten sesuai dengan lima sub kompetensi profesional menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007. Kata kunci: Kompetensi Profesional, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, SD Islam Darul Falah Tambak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 02:44 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |