PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI MANFAAT, DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LINKAJA PADA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Alkhoiri, Andri Rijal (2022) PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI MANFAAT, DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LINKAJA PADA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Andri Rijal Alkhoiri_PENGARUH PROMOSI PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LINKAJA PADA MAHASISWA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era globlasisasi perkembangan ilmu dan teknologi membawa banyak perubahan salah satunya pada sistem pembayaran. Saat ini, alat pembayaran elektronik merupakan inovasi sistem pembayaran yang menggunakan perkembangan teknologi. Secara global pengguna internet berkembang dengan cepat hingga waktu ke waktu. Artinya perkembanga teknologi sebagai sarana kebutuhan konsumen dalam melakukan pembayaran secara tunai menuju pembayaran non tunai. Dompet digital (E-wallet) menjadi salah satu bentuk Fintech (Finance Technology) yang memanfaatkan media internet dan digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembayaran. Dompet digital (E-wallet) tumbuh dengan menawarkan berbagai kemudahan dengan teknologi terkini yang dapat diakses oleh semua kalangan di seluruh penjuru negeri, sebagai contoh memudahkan dalam proses bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh promosi, perspsi manfaat, persepsi keamanan terhadap minat penggunaan LinkAja pada mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, korelasi rank spearman, koefisien konkordinasi kendall w, dan analisis regresi ordinal diolah menggunakan program SPSS 16.0. Sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan yakni Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto dan Mahasiswa pengguna layanan LinkAja. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman menghasilkan korelasi promosi (0,733) persepsi manfaat (0,796) dan persepsi keamanan (0,746) dengan nilai sig. 0,000 yang dapat disimpulkan bahwa promosi, persepsi manfaat, dan persepsi keamanan secara parsial berpengaruh positif terhadap minat penggunaan. Hasil konkordinasi kendall w menunjukkan hasil sebesar 0,529 yang membuktikan adanya korelasi antara variabel promosi, persepsi manfaat, dan persepsi keamanan dengan minat penggunaan dengan arah yang positif. Pengujian regresi ordinal table model fitting information menunjukkan bahwa variabel promosi, persepsi manfaat, dan persepsi keamanan secara simultan berpengaruh terhadap minat penggunaan. Kata Kunci : promosi, perspsi manfaat, persepsi keamanan, minat penggunaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: promosi, persepsi manfaat, persepsi keamanan, minat penggunaan
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Andri Rijal Alkhoiri sdr
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:54
Last Modified: 14 Feb 2022 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item