STRATEGI FUNDRAISING DANA ZIS BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS MELALUI SISTEM BERBAYAR NON TUNAI QRIS

DEVI, FITRIANI (2022) STRATEGI FUNDRAISING DANA ZIS BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS MELALUI SISTEM BERBAYAR NON TUNAI QRIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEVI FITRIANI_STRATEGI FUNDRAISING DANA ZIS BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS MELALUI SISTEM BERBAYAR NON TUNAI QRIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan fundraising atau pengumpulan dana ZIS adalah proses bagaimana cara untuk menghimpun dana ZIS. Untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan fundraising diperlukan adanya strategi yang baik, cermat, dan tepat. Semakin berkembangnya zaman, inovasi teknologi berkembang cukup pesat termasuk sektor pembayaran. Salah satu inovasi yang berkembang adalah layanan pembayaran digital melalui QRIS. BAZNAS Kabupaten Banyumas menggunakan QRIS untuk penghimpunan dana ZIS guna memudahkan muzakki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan serta apa saja faktor keberhasilan dan penghambat strategi fundraising dana ZIS BAZNAS Kabupaten Banyumas melalui sistem berbayar non tunai QRIS. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan mengambil lokasi penelitian di BAZNAS Kabupaten Banyumas dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Kabupaten Banyumas dalam melakukan penghimpunan dana ZIS melalui sistem berbayar non tunai QRIS menerapkan empat tahapan strategi fundraising, diantaranya: 1) Target muzakki QRIS adalah generasi milenial dan generasi z, 2) Menyediakan sumber daya manusia yang kompeten, 3) Membangun sistem komunikasi melalui media sosial dan media cetak, dan 4) Menyusun dan melaksanakan layanan zakat online melalui QRIS. Dan dalam pelaksanaannya, program menarik kemudahan bertransaksi melalui QRIS, menumbuhkan rasa empati donatur dengan program pendistribusian dan pendayagunaan mustahik, bekerjasama dengan BSI, memberikan pelayanan yang baik berupa konsultasi zakat, pelaporan pengumpulan dan penyaluran dana ZIS kepada muzakki, bukti setor zakat, dan didoakan serta ucapan terima kasih. Faktor keberhasilan yaitu memiliki layanan zakat online, memanfaatkan media sosial dan media cetak untuk mempromosikan pembayaran ZIS melalui QRIS, dan QRIS dapat diakses 24 jam. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar zakat, kurangnya pemahaman masyarakat terkait teknologi digital, dan tidak ada sosialisasi pembayaran ZIS melalui QRIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising, Zakat, Infak, Sedekah, QRIS.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.1406 Manajemen Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.141 Zakat Fitrah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.142 Zakat Mal (Ternak, Emas, Perak, Uang, Perniagaan)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.143 Zakat Pendapatan (Profesi, Pertanian, Perikanan, Rikaz dll)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Sdri Devi Fitriani
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:13
Last Modified: 10 Feb 2022 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item