KOLABORASI SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MODERN AL AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Isti'anatun, Isti'anatun (2022) KOLABORASI SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MODERN AL AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ISTI'ANATUN_KOLABORASI SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MODERN AL AZHARY LESMANA AJIBARANG BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR PUSTAKA_ISTI'ANATUN (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh berbasis online (dalam jaringan/daring) selama masa pandemi Covid-19, memaksakan orangtua untuk beralih sebagai guru, membimbing anak selama aktivitas belajar dari rumah. Kolaborasi sekolah dan keluarga, khususnya orangtua/wali murid menjadi sangat penting bagi berlangsungnya pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Fokus dari penelitian ini tentang bagaimana Pola kolaborasi yang dilakukan sekolah dan keluarga dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 di MI Modern Al Azhary Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan, menganalisis dan mencari pola kolaborasi sekolah dan keluarga dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di MI Modern Al Azhary Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pola kolaborasi yang dilakukan sekolah dan keluarga dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 di MI Modern Al-Azhary Lesmana dilakukan dengan enam pola kolaborasi, yaitu Parenting, Communicating, Volunteering, Learning at Home, Decision-Making, dan Collaborating with the community. Dari keenam pola kolaborasi tersebut, collaborating with the community dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, tidak dapat dilaksanakan secara maksimal dikarenakan tidak diperbolehkannya berkerumun dan banyak lokasi wisata atau tempat umum yang ditutup selama pandemi Covid-19. Pola kolaborasi yang paling efektif diterapkan dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, dan selalu diterapkan oleh MI Modern Al Azhary Lesmana, adalah Parenting, Communicating, dan Learning at Home. Pola kolaborasi tersebut diwujudkan dalam beberapa kegiatan dan program, seperti: (1) mengadakan Webinar, Seminar dan Pengajian Rutin; (2) melakukan komunikasi langsung dengan orang tua atau melalui Grup Paguyuban Orang Tua/forum komunikasi, atau melalui lembar ceklis kegiatan (buku penghubung); (3) mengadakan Open House; (4) orang tua atau anggota keluarga berperan sebagai guru dengan mengajarkan dan membantu siswa dalam proses pembelajaran selama pandemi; dan (5) melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Sekolah, Keluarga, Pembelajaran, Covid-19
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Isti'anatun I
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:09
Last Modified: 09 Feb 2022 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item