TEKNIK PERSUASIF DAKWAH MEDIA SOSIAL (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA DERDINAND DE-SAUSSURE PADA AKUN INSTAGRAM @QURANDANSENJA)

Maya, Sofiya Dimyati (2022) TEKNIK PERSUASIF DAKWAH MEDIA SOSIAL (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA DERDINAND DE-SAUSSURE PADA AKUN INSTAGRAM @QURANDANSENJA). Skripsi thesis, UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MAYA SOFIYA DIMYATI_TEKNIK PERSUASIF DAKWAH MEDIA SOSIAL.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan suatu ajakan untuk melakukan suatu kebaikan. Penyampaian dakwah dapat dikatakan luas karena dalam berdakwah bisa dikaitkan dengan berbagai media, salah satunya melalui media instagram.Para aktivis dakwah mulai banyak menggunakan instagram sebagai sarana dakwah melihat kemudahan dan menjangkau diseluruh dunia. Teknik persuasif sangat diperlukan dalam mengemas konten menjadi menarik. Persuasif akan lebih berhasil jika dilengkapi dengan teknik yang baik khususnya untuk media dakwah. Akun instagram yang digunakan dalam penelitian adalah akun instagram @qurandansenja. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif apa saja yang digunakan dalam akun instagram @qurandansenja. Teori Ferdinand de Saussure digunakan untuk mengetahui makna yang tersusun dari penanda dan petanda yang muncul pada gambar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah teknik persuasif yang digunakan dalam akun instagram @qurandansenja meliputi teknik asosiasi menggambarkan pesan dakwah dengan peristiwa menarik perhatian, teknik ganjaran berupa pesan dakwah yang memiliki unsur menjanjikan harapan tertentu, dan teknik tataan yang mempersuasi dengan menyampaikan pesan secara runtut dan gambar yang mudah dipahami. Kata Kunci: Dakwah, Teknik Persuasif, Instagram, Semiotika Ferdinand de Saussure

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Teknik Persuasif, Instagram, Semiotika Ferdinand de Saussure
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maya Sofiya Dimyati sdri
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:06
Last Modified: 09 Feb 2022 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12593

Actions (login required)

View Item View Item