CLICKBAIT PERSPEKTIF JURNALISTIK (STUDI FENOMENOLOGI PRAKTIK CLICKBAIT PEMBERITAAN “ MOBIL AYLA TABRAK MOTOR CBR DI PURWOKERTO” DALAM BERITA ONLINE TRIBUNBANYUMAS.COM)

DINDA, ZHALIA KRISTI (2022) CLICKBAIT PERSPEKTIF JURNALISTIK (STUDI FENOMENOLOGI PRAKTIK CLICKBAIT PEMBERITAAN “ MOBIL AYLA TABRAK MOTOR CBR DI PURWOKERTO” DALAM BERITA ONLINE TRIBUNBANYUMAS.COM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dinda Zhalia Kristi_CLICKBAIT PERSPEKTIF JURNALISTIK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Era digital menjadi pergeseran media komunikasi dari konvensional ke media online. Prosesnya yang cepat dan uptodate ditambah dengan headline provokatif dan sensasional seolah menjadi aspek penting untuk menimbulkan curiosity. Bermodal kemudahan akses dan kebutuhan masyarakat, media online gencar dalam strategi pemberitaan. Eksistensi kecepatan media online tidak diiringi dengan keakuratan konten berita yang disuguhkan, namun demikian cara yang ditempuh untuk mendapatkan rasa penasaran pembaca menjadi prioritas utama guna kebutuhan ratting sebuah media salah satunya dengan umpan klik atau clickbait. Berhubungan dengan i tu, peneliti tertarik tentang praktik penerapan clickbait dalam perspektif jurnalistik sebagai alternatif untuk menarik minat masyarakat meng-klik tautan berita. Tujuan dari penelitian sebagai kajian, referensi, rekomendasi, dan bacaan literatur sekaligus mengetahui bagaimana penerapan fenomenologi oleh Alfred Schutz dengan karya jurnalistik menggunakan sample berita online. Penelitian dengan dokumentasi online dan kajian mendalam disertai referensi ilmiah serta apa saja yang berkaitan dengan praktik clickbait menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan TribunBanyumas.com menggunakan unsur clickbait pada judul dan berita. Kaitannya dengan jurnalistik pada penerapan kode etik jurnalistik dan pedoman pemberitaan media siber beberapa poin pemberitaan sedikit mengesampingkan pedoman tersebut. Berdasarkan teori komunikasi yang termediasi oleh komputer, TribunBanyumas.com menggunakan penyampaian komunikasi variatif dan unik serta pembelokkan makna antara judul dan isi berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: DINDA ZHALIA KRISTI
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:13
Last Modified: 09 Feb 2022 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item