ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF JARINGAN BISNIS FREMILT DI KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP

SANIA, KHAZIMAH (2022) ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF JARINGAN BISNIS FREMILT DI KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SANIA KHAZIMAH_1717201130.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi kompetitif merupakan upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan tepat sasaran dengan melalui pendekatan keunggulan yang diberikan. Terdapat 3 lokasi bisnis Fremilt yang ada di Kecamatan Cilacap Tengah yaitu Jl. Rinjani, Jl. Katamso dan Jl. Kinibalu, persaingan antar pelaku bisnis Fremilt tidak dapat dihindari. Untuk mempertahankan bisnis di tengah persaingan, ketiga bisnis Fremilt menggunakan strategi kompetitifnya dengan menerapkan strategi produk, pelayanan, personil, citra dan saluran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kompetitif jaringan bisnis Fremilt di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kompetitif yang digunakan pemilik bisnis Fremilt dengan menggunakan strategi diferensiasi yang mencakup diferensiasi produk, diferensiasi kualitas pelayanan produk atau jasa, diferensiasi personil, diferensiasi citra dan diferensiasi saluran. Dari keempat strategi kompetitif tersebut, pemilik bisnis Fremilt Jl. Rinjani menunjukan keunggulan seperti kualitas pelayanan yang lebih baik, personil yang berkompeten, tempat dan suasana yang lebih menarik, lokasi yang strategis dan saluran atau media yang digunakan untuk memperkenalkan produknya. Strategi kompetitif dalam perspektif Islam sudah sesuai dengan syariah Islam, hal tersebut merupakan nilai tambah tidak hanya mementingkan kepentingan dunia maupun juga akhirat. Dengan menggunakan strategi diferensiasi yang tepat, pemilik bisnis Fremilt Jl. Rinjani mendapatkan omset yang tinggi dari pesaingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Kompetitif, Bisnis Fremilt, Strategi Generik Diferensiasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sania Khazimah sdr
Date Deposited: 05 Feb 2022 05:09
Last Modified: 05 Feb 2022 05:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item